PROGRAM KERJA I
PAC GP ANSOR PUNGGING MASA HIDMAT 2015-2018
I. Koordinator Pengurus Harian
(Penanggungjawab: Ketua PAC GP Ansor Pungging beserta pengurus harian)
1. Taaruf pengurus baru dengan Muspika Kecamatan Pungging
Untuk mengenalkan jajaran pengurus Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pungging masa hidmat 2015-2018 dengan stek holder terkait di wilayah Kecamatan Pungging yang meliputi Camat Pungging, Kapolsek Pungging, Danramil Pungging, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Pungging.
2. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait
Demi kesuksesan program-program PAC GP Ansor Kec. Pungging masa hidmat 2015-2018 perlu dilakukan kerjasama dan koordinasi dengan pihak-pihak lain yang terkait.
3. Mengadakan rapat harian rutin setiap bulan
Sebagai bentuk evaluasi dan perencanaan program-program serta kegiatan dan juga untuk menjalin komunikasi intensif dengan pengurus harian PAC GP Ansor Kec. Pungging masa hidmat 2015-2018
4. Mengadakan turba dalam rangka menjaga silaturrahim dengan ranting
Sebagai bentuk atensi dan supervisi serta menjalin silaturrahim dengan Pengurus Pimpinan Ranting.
5. Mengadakan wisata religi berupa ziarah makam wali & ulama’
Kegiatan spiritual perlu dilakukan agar senantiasa mendapat barokah serta rahmat dan ridho dari Allah SWT dalam mengemban amanah organisasi.
6. Mengadakan safari romadhon 1437 H
Untuk mengisi dan memperbanyak ibadah dibulan suci ramadhan dengan meningkatkan silaturrahim dengan Pimpinan Ranting dan masyarakat umum.
7. Mengadakan halal bi halal idul fitri 1437 H
Merupakan kegiatan untuk saling maaf-memaafkan guna menjaga kerukunan dan silaturrahim dengan sesama anggota GP Ansor di Kecamatan Pungging.
8. Mengadakan Rapat Kerja ke-II masa hidmat 2015-2018
Memasuki tahun kedua dalam periode masa hidmat 2015-2018, PAC GP Ansor Kec. Pungging perlu untuk menyusun program-program kerja dan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam satu tahun berikutnya.
II. Koordinator Kesekretariatan
(Penanggungjawab: Sekretaris PAC GP Ansor Pungging)
1. Penertiban administrasi
Tertib administrasi sesuai dengan PD/PRT dan Peraturan Organisasi GP Ansor adalah merupakan bagian upaya untuk mensukseskan program dan kinerja PAC GP Ansor Kec. Pungging masa hidmat 2015-2018.
2. Pembuatan KTA baik anggota Ansor maupun anggota Banser
Mengacu pada PD/PRT dan PO GP Ansor, setiap anggota GP Ansor didata didalam SiGap Ansor dan kemudian dibuatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) sebagai identitas resmi GP Ansor.
3. Pembuatan papan nama sekretariat baik anak cabang maupun ranting
Berdasarkan PD/PRT dan PO GP Ansor, setiap sekretariat disemua tingkatan harus dipasang papan nama yang menunjukan kantor sekretariat GP Ansor.
4. Pembuatan kalender tahun 2017
Untuk publikasi dokumentasi kegiatan-kegiatan PAC GP Ansor Kec. Pungging masa hidmat 2015-2018 selama satu tahun pertama.
III. Koordinator Bidang Organisasi dan Kaderisasi
(Penanggungjawab: Wakil Ketua II beserta lembaga Bidang Organisasi dan Kaderisasi)
1. Pengembangan kapasitas organisasi dan kader
Menbentuk pengurus Pimpinan Ranting yang masih belum terbentuk serta merevitalisasi PR yang dirasa kurang atau tidak aktif.
2. Mengadakan Pendidikan Kader Dasar (PKD) ke-I
Sebagai syarat mutlak bagi pengurus GP Ansor untuk lebih memahami GP Ansor dan memupuk jiwa ke-aswajaan nahdlatul ulama’.
3. Mengembangkan potensi ranting
Memberikan perhatian dan pembinaan terhadap potensi yang dimiliki setiap ranting untuk kemaslahatan bersama baik bagi organisasi GP Ansor, jam’iyah nahdlatul ulama maupun bagi masyarakat pada umumnya.
IV. Koordinator Lembaga Majelis Dzikir Dan Sholawat Rijalul Ansor
(Penanggungjawab: Wakil Ketua III beserta Lembaga MDS Rijalul Ansor)
1. Mengadakan rutinan MDS RA 1 kali dalam sebulan
Sebagai kegiatan keagamaan yang dilakukan rutin untuk memupuk jiwa insan yang sholeh dan uapaya meningkatkan kualitas iman kepada Allah SWT serta kecintaan kepada Rosulullah SAW melalui pembacaan istighosah dan sholawat.
2. Mengadakan kegiatan MDS RA dalam rangka harlah GP Ansor
Dalam rangka hari lahir GP Ansor, diadakan kegiatan MDS RA sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT seraya memohon yang lebih baik.
3. Mengadakan kegiatan MDS RA dalam rangka 1 Muharram 1438 H
Untuk memperingati tahun baru 1438 Hijriyah.
4. Mengadakan kegiatan MDS RA dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW
Untuk memperingati hari lahir Baginda Rosul Nabi Agung Muhammad SAW dengan harapan mudah-mudahan senantiasa mendapat syafaat beliau khususnya kelak di hari kiamat.
5. Mengadakan kegiatan MDS RA dalam rangka haul ke-7 Gus Dur
Guna mengingat kembali serta meneladani tokoh nasionalis dan islamis yang sekaligus juga Presiden ke-4 Republik Indonesia Bapak KH. Abdur Rahman bin KH. Wahid Hasyim bin KH. Hasyim Asy’ari atau yang dikenal dengan Gus DUR.
V. Koordinator Lembaga Keuangan Mikro Syari’ah Ansor (LKMSA)
(Penanggungjawab: Wakil Ketua IV beserta Lembaga Keuangan Mikro Syari’ah Ansor)
1. Pembentukan badan usaha milik Ansor
Untuk dijadikan sebagai mesin uang organisasi perlu sekiranya membentuk badan usaha milik ansor yang dapat digunakan sebagai penghasilan guna pembiayaan operasional PAC GP Ansor Kec. Pungging masa hidmat 2015-2018.
2. Mengusahakan lapangan kerja bagi kader
Sebagai bentuk pemberdayaan kader GP Ansor khususnya yang masih membutuhkan kerja, LKMSA mengusahakan mencarikan lapangan kerja dengan bekerjasama dengan pihak-pihak lain.
VI. Koordinator Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP)
(Penanggungjawab: Wakil Ketua V beserta Lembaga Kursus dan Pelatihan)
1. Mengadakan pelatihan untuk pengembangan potensi kader dan masyarakat
Untuk mengakomodir potensi yang dimiliki kader GP Ansor dan masyarakat luas pada umumnya sehingga potensi yang dimiliki dapat dikembangkan dan berguna untuk kemaslahatan bersama.
2. Mengadakan kegiatan pembinaan masyarakat untuk menanggulangi perceraian
Melihat fenomena perceraian yang sangat tinggi dimasyarakat, PAC GP Ansor Kec. Pungging masa hidmat 2015-2018 ingin ikut serta dalam memberikan pembinaan dan pemahaman terhadap masyarakat tentang perceraian serta upaya mediasi bagi pasangan suami istri yang mempunyai permasalahan yang akan berujung pada perceraian.
VII. Koordinator Lembaga Kajian dan Pemikiran Ke-Islaman (LKPK)
(Penanggungjawab: Wakil Ketua V beserta Lembaga Kajian dan Pemikiran Ke-Islaman)
1. Mengadakan seminar ke-aswajaan nahdlatul ulama’
Untuk memupuk pemahaman tentang ahlus sunnah wal jamaah ala nahdlatul ulama, perlu kiranya diadakan seminar bagi kader-kader muda nahdlatul ulama dan bagi warga masyarakat luas warga nahdliyin pada umumnya.
2. Mengadakan buku ke-aswajaan nahdlatul ulama’
Sebagai referensi tentang ahlus sunnah wal jamaah ala nahdlatul ulama yang dapat dijadikan sebagai khazanah keilmuan dan kajian pustaka bagi kader-kader muda nahdlatul ulama dan bagi warga masyarakat luas warga nahdliyin pada umumnya.
VIII. Koordinator Satkoryon Barisan Ansor Serbaguna (BANSER)
(Penanggungjawab: Kepala Satuan Koordinasi Rayon Barisan Ansor Serbaguna)
1. Penyusunan data base anggota banser
Untuk mengetahui kuantitas anggota banser sebagai bahan evaluasi kekuatan guna optimalisasi peran, tugas dan tanggungjawab banser mengawal Ulama’ dan NKRI.
2. Menjalin kerjasama dengan pihak keamanan terkait di wilayah Kec. Pungging
Untuk kemaslahatan peran, tugas dan tanggungjawab serta dedikasi banser perlu dilakukan koordinasi dan komunikasi intensif guna menjalin kerjasama dengan pihak keamanan terkait di wilayah Kecamatan Pungging yang meliputi jajaran Kepolisian dan jajaran TNI yang dalam hal ini adalah Polsek Pungging dan Koramil Pungging.
3. Mengadakan Pendidikan Latihan Dasar (diklatsar) ke-I
Sebagai syarat mutlak bagi anggota banser untuk mengkiti Pendidikan Latihan Dasar sesuai dengan amanat PD/PRT dan Peraturan Organisasi.
4. Pemberdayaan potensi anggota banser
Setiap anggota banser pasti mempunyai potensi, agar supaya potensi yang dimiliki dapat berguna maka harus ada pemberdayaan melalui kegiatan-kegiatan atau program yang relevan.
5. Peningkatan skil anggota banser kearah spesialisasi satuan
Mengacu pada Peraturan Organisasi Banser, Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Banser terdiri didalamnya berbagai macam jenis kesatuan. Untuk mengisi kesatuan-kesatuan tersebut perlu dilakukan peningkatan dan penjaringan skil anggota banser kearah spesialisasi satuan.